Akhirnya ....

https://blog.infradigital.io
https://blog.infradigital.io

Ibarat bisul pecah, berjalannya channel pembayaran sekolah via Infra Digital Nusantara di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta menghapus hati yang membuncah selama beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, serangkaian presentasi dari berbagai penyedia jasa layanan serupa, tak ada satu pun yang bisa memenuhi ekspektasi pimpinan yang tergolong cukup tinggi. Gagal, gagal, dan gagal menyelimuti rencana pengembangan sistem keuangan siswa sebelumnya.

Hingga suatu ketika, kami mendapatkan undangan presentasi dari IDN di kantor Kemenag Jakarta Selatan. Tim keuangan hadir menemani Kepala Madrasah Ibtidaiyah. Dan sepulangnya, saya dikabari bahwa ada vendor yang menawarkan channel pembayaran sekolah yang sudah bekerja sama dengan berbagai merchant dan bank. Sepertinya menarik. Dan langsung kita undang mereka untuk hadir melakukan presentasi lebih detail di Madrasah Pembangunan.

Hari demi hari, minggu demi minggu, hingga beberapa bulan, melewati beberapa pertemuan dan konsultasi, waktu yang ditunggu itu tiba. Sebenarnya termasuk meleset juga dari waktu yang kami targetkan. Tapi apa mau dikata, karena risiko yang terlalu besar jika data belum siap.

01 Januari 2020, adalah waktu kedua yang kami tetapkan untuk rilis sebagian target. Dan alhamdulillah, dengan segala keterbatasan, channel pembayaran untuk tingkat MTs dan MA siap digunakan. Dan selanjutnya, 01 Februrari 2020, channel pembayaran untu MI dan TK siap digunakan juga.

Akhirnya.... tiba juga waktu untuk melepaskan napas sesak ini. Setidaknya sudah ada langkah konkrit, mencarikan solusi model pembayaran yang kekinian. Sebuah tagihan yang tidak tergolong mudah, mengingat begitu besarnya data yang kami kelola.

Sekarang tinggal bagaimana sistem ini dikenal lebih banyak orangtua/wali peserta didik. Meski sistem pembayaran lama masih bisa digunakan (setor tunai di teller bank atau autodebet rekening), channel pembayaran IDN memberikan opsi yang sangat menarik sehingga bisa diterima oleh semua stakeholder di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Terima kasih yang tak terhingga saya sampaikan untuk seluruh tim keuangan MP di bawah komando Mr. Maradona. Tetep semangat ya bu Novi dan bu Putut. Terima kasih juga untuk seluruh tim Infra Digital Nusantara.

Huffffthhh.. akhirnya

Posting Komentar

0 Komentar