Meminum Semut

depositphotos.com

Pagi ini ke kantor karena ada sedikit pekerjaan yang harus diselesaikan. Setelah beberapa saat, rasa haus muncul dan di hadapan ada gelas kosong. Segera saja saya isi botol dari dispenser, dan menuangkannya ke dalam gelas dan langsung minum 2 teguk. Ketika saya lihat isi gelas, waduh... ternyata banyak semut di dalamnya. Ada yang menempel di gelas, ada juga yang sudah tercebur di dalam air. Dirasa-rasa, sepertinya ada juga yang masuk ke dalam mulut dan tertelan. Penasaran, kenapa sih semut suka masuk ke gelas, dan apa dampaknya buat kita menelan semut?

Hasil pencarian di mbah Google, sepertinya cukup mengkhawatirkan. Seperti dalam artikel dari alodokter, banyak sebab kenapa semut mengerubungi gelas. Bisa karena gelas kurang dicuci bersih, sisa makanan yang masuk ke gelas saat kita makan, atau memang ada gangguan di mulut dan gigi, gangguan pencernaan, diabetes, sinusitis, dsb.

Dari halosehat, saya menemukan 5 bahaya menelan semut. Ada yang bisa menggigit dalam tubuh, membawa kuman penyakit dari kebiasaan semut makan di tempat kotor, atau masuk ke anggota tubuh lain seperti otak dan hidup di dalamnya, serta menyebabkan kematian.

Serem juga ya ternyata. Saya pikir selama ini, menelan semut adalah hal biasa. Ternyata kita harus hati-hati betul sama si semut ini. Tapi ingat, klo semutnya masih hidup, jangan dibunuh. Misal masih mengambang di atas air, selamatkan saja mereka. Lumayan, bisa jadi amal ibadah toh? :)

Posting Komentar

0 Komentar