Ngapain bikin email @mpuin-jkt.sch.id ?

Pak, bikin apa tuh? Email ya? Wah, saya jadi punya email lagi dong? Ribed dah, *balik arah. Pak, saya mau pulang, nanti aja ya. Emang apa bedanya sama yang udah ada?
Demikian reaksi beberapa orang yang saya temui. Tidak apa-apa, biasa perjuangan memang seperti itu. Alhamdulillah, sebagian besar sudah punya emailnya loh. Kurang lebih 90an guru karyawan per awal Sept 2015 sudah memiliki email @mpuin-jkt.sch.id. Malah kalo digabung dengan siswa 8G MTs (pak Sandy) dan siswa 10A MA (pak Asep), jumlahnya jadi 140an orang.
Perbedaan email ini cukup jelas: domain @MPUIN-JKT.SCH.ID berbeda dengan GMAIL, YAHOO dkk. Email kita terlihat lebih profesional karena email kita berada dalam lembaga tersebut. Sedikit banyaknya, pihak luar yang berkomunikasi melalui email dengan kita, pasti melihat kita lebih "berstatus". Bicaranya pun bisa lebih serius, karena dianggap emailnya mahal. Asal tau aj, buat langganan email dengan domain khusus ini, per tahun bisa kena 500rb rupiah loh.
Promosi? Pasti!! Email ini sarat dengan unsur promosi. Website kita akan lebih dikenal oleh seluruh orang yang berkomunikasi dengan kita. Dalam email itu ada kata mpuin-jkt yang orang makin terbiasa bahwa itu adalah Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.
Bayar?? ENGGAAK.... alias GRATIS!!! Ga usah bayar sepeser pun buat email ini. Beneran pak? Iya... emangnya beneran mau bayar? Okeh, $50 per tahun mau? Coba dikalikan seluruh yang daftar. Berani bayar saya berapa? *ambil kalkulator, geleng2, trus nraktir makan siang :D
Banyak fasilitas yang kita dapat dengan email ini. Selain fungsi email untuk berkomunikasi, sudah saya buatkan juga Group Mailing List, dimana cukup kirim ke milis tersebut, maka email akan diterima ke seluruh member grup milis. Hemat kertas dong.
Fasitilas lain: Online Storage (Google Drive) tak terbatas. Mau upload foto dan video berjuta-juta juga bisa, asal matanya kuat buat liatnya. Aplikasi pengolahan dokumen (Google Doc, Google Sheet, Google Slide, Google Form). Kalender Online (Google Calender) biar pada inget sama jadwal. Bikin website (Google Site) buat berbagi ilmu. Kelas Online (Google Classroom) buat ngajar siswa tanpa batas ruang dan waktu. Yang ini lagi dijalanin sama pak Sandy di kelas 8G MTs dan pak Asep di kelas 10A.
Insyaa Allah banyak manfaatnya.

Posting Komentar

0 Komentar