Review Meizu M5 Note

news.okezone.com

Sebenarnya baru 3 hari saya memakai Meizu M5 Note secara total, meski sebenarnya ponsel ini sudah tiba 3 minggu sebelumnya. Well... Ternyata ga mudah untuk benar-benar menggunakannya setelah adanya beberapa kendala yang saya temui. Saya sampai instal ulang atau flashing mungkin hampir 10 kali untuk memastikan ponsel ini baik-baik saja.

Kendala? Koq bisa? Kan ponsel baru? Rusak atau apa? Yaaa... Mungkin bagi sebagian orang, Flyme OS bawaan dari Meizu tak masalah. Tapi buat saya, perlu disetting khusus agar sesuai seperti yang saya harapkan. 

Pertama, Flyme OS ga pakai aplikasi Google bawaan. Are you kidding me? Ini kan ponsel android? Gimana bisa? Ya bisa lah. Kan Meizu punya Appstore sendiri. Meski ga ada playstorenya Google, kita bisa download banyak aplikasi di Meizu Appstore. Entah apa alasannya dengan menghilangkan aplikasi Google. Jadi saya perlu mencari aplikasi tambahan bernama GMS Installer untuk menginstal Google Service dan Playstore. 

Kedua, keamanan super ketat. Maaf, mungkin saya tidak terlalu paham hal ini. Tapi menurut saya, Meizu ingin konsumennya memahami risiko saat membuka akses datanya terhadap tiap aplikasi yang dipasang. Jadi saya perlu mengallowkan akses dibanyak setting aplikasi, agar dapat berjalan sempurna. Kasus terakhir adalah tidak munculnya semua kontak saya di WhatsApp. Sangat mengesalkan, karena Whatsapp adalah aplikasi terkakhir yang saya pasang untuk memastikan berpindah dari satu ponsel ke ponsel lain. Ya benar, backup dan restore datanya makan waktu dan kuota banyak minta ampun.

Sampai dua hal di atas, akhirnya saya bisa menggunakan Meizu M5 Note ini secara penuh. Hingga hari ini, saya masih penasaran kendala baru yang muncul. Sinyal internet, termasuk 4G, putus nyambung. Padahal saya pakai Telkomsel, yang sudah terbukti di rumah saya adalah terbaik dibanding beberapa kompetitor operator seluler lainnya. Di ponsel yang sebelumnya, lancar jaya. Tapi di Meizu ini, saya perlu pancing dengan masuk ke modus pesawat, lalu kembali lagi, dan muncullah sinyal 4Gnya. Entahlah... Saya masih bingung. Tapi masih diabaikan, karena kebetulan paket internetnya 10 GB di seluruh frekeunsi. Jadi ga masalah, mau di 3G, HSPA, atau 4G. Asal jangan hilang sinyal sama sekali. Klo itu namanya ngajak ribut. Hahahaha

Posting Komentar

0 Komentar