Mengikat Ide dengan Teknologi

Ide datang kapan saja. Tak perduli waktu dan tempat, dia datang memenuhi isi otak kita lalu bergerak menghilang alias lupa jika kita gagal menuangkannya ke dalam media yang lain.

Dulu sering kali kita disarankan, bawalah alat tulis dan kertas di manapun, untuk berjaga-jaga kedatangan ide yang tiba-tiba. Sekarang? Bukan saya mengatakan itu tidak relevan lagi, namun seiring berkembangnya teknologi, ponsel yang kita punya saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas notes dsb.

Jika anda pengguna Android juga seperti saya, pasti pusing memilih mana yang paling enak untuk dijadikan sarang tulisan kita. Udah, ga usah kelamaan mikir milihnya, tuh… ide datang dan pergi tanpa sempat kita tuangkan dalam tulisan. Pilih saja aplikasi yang memiliki fasilitas penyimpanan online. Di sini saya menggunakan 2 aplikasi: Google Keep dan Evernote.

Dulu saya pengguna Colornote. Mungkin karena pamornya kalah kali ya, atau fasilitas pengelompokan tulisan yang terbatas, membuat saya berpikir mencari alternatif lain pengganti Color Note.

Saya cukup merekomendasikan 2 aplikasi tsb, karena banyak fitur yang bisa kita gunakan untuk menunjang penuangan ide2 kita ke dalam media penyimpanan yang cukup aman di awan, pengelompokan yang mudah, serta penyisipan lampiran yang mendukung tulisan kita.

Buat yang selalu bawa ponsel pintar Androidnya, jangan lupa install aplikasi Google Keep dan Evernote agar ide tak lagi pergi. Biarkan dia datang dan tertuang dalam tulisan kita. Sesekali tak mengapa membawa pensil dan kertas, untuk variasi menjaga semangat menulis.

Posting Komentar

0 Komentar