Komputasi Awan dengan Dropbox

Pernah denger kata Komputasi Awan? Atau juga dikenal dengan Cloud Computing? Mengutip dari Wikipedia, Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Lanjut dari Wikipedia, Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna.


Sebagai contoh, Google App smenyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Sudah paham? Penasaran mau coba? Saat ini banyak sekali penyedia jasa komputasi awan. Dari yang berbayar sampai gratisan. Gratis?? Iya, gratis bin gretong bin free bin kaga bayar sepeser pun. Laah koq bisa?? Tar mereka dapat apa?? Yaa.. bisa lah. Masalah mereka (penyedia jasa) dapet apa, itu urusan mereka. Yang penting produk layanan mereka bagus dan bermanfaat buat kita. Salah satu aplikasi komputasi awan yang sudah saya coba adalah Dropbox. Benar-benar gratis, baik untuk Windows, Mac, Linux maupun perangkat Mobile kita.

Apa itu Dropbox?? Ini penjelasannya dari mereka :

Dropbox is a free service that lets you bring all your photos, docs, and videos anywhere. This means that any file you save to your Dropbox will automatically save to all your computers, phones and even the Dropbox website. Dropbox also makes it super easy to share with others, whether you’re a student or professional, parent or grandparent. Even if you accidentally spill a latte on your laptop, have no fear! You can relax knowing that Dropbox always has you covered, and none of your stuff will ever be lost.


Jadi, dari penjelasan di atas, Dropbox itu :

  • Free Service alias gratis buat menyimpan segala macam file kita
  • Tersimpan di berbagai jenis media simpan (Komputer, Handphone, Internet)
  • Gampang berbagi folder dengan siapapun
  • Aman, tak perlu takut gadget kita (komputer/HP) rusak

Mau coba? Silahkan klik di sini wat mampir ke webnya Dropbox.

Posting Komentar

0 Komentar